Minggu, 22 Mei 2011

ASI is the Best

Aku udah bertekad banget buat ngasih ASI untuk si baby insyaAllah nanti. Makanya sebelum lahiran, udah mencari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang penggunaan ASI. Untung banget di jaman sekarang ini udah banyak kelas edukasi dan seminar yang bisa kita ikutin untuk dapet informasi dan bagaimana biar bisa menyusui dengan lancar. Yang paling penting sih gathering informasi sebanyak-banyaknya, yakin dan percaya diri dan support dari keluarga juga penting banget. Jadi sebaiknya kalau ikutan kelas edukasi ini, suami jangan lupa diajak ya. Oya kelas-kelas yang bisa kita ikutin :

1. Kelas Edukasi dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)
AIMI ngadain 3 kelas yang diadain tiap 2 bulan sekali, yaitu kelas Breastfeeding Basic, BREASTFEEDING TIPS FOR WORKING MOMS dan COMMON PROBLEMS IN BREASTFEEDING. Kelas yang udah aku ikutin kelas Breastfeeding Basic dan rencananya sih pengen ikutan semua kelas. Biasanya diadain di Sekolah Cikal Cilandak dengan kelas yang ber-AC dan duduk di kursi (bukan lesehan). Mulai jam 8.30 dan selesai sekitar jam 12.30. Kelasnya interaktif dan  pembicaranya juga enak buat diajak diskusi. Pas kelas Breastfeeding Basic kemaren yang jadi pembicaranya mbak Mia Sutanto ketum AIMI. Oya biayanya kalau sendiri sebesar Rp 125 ribu dan kalo pasangan Rp 230 ribu.

2. Kelas Edukasi dari Markas Sehat (KLASI-YOP)
Kelas ini diadain satu paket untuk 2 kali pertemuan. Aku sih udah daftar ikutan, tapi nanti untuk bulan Juni. Diadainnya di Markas Sehat di daerah Ragunan. Kalo menurut temenku yang udah pernah ikutan, tempatnya sih lebih nyaman di sekolah Cikal karena kelas ini gak ber-AC dan duduknya lesehan juga. Tapi kan yang penting ilmunya dapet doong ;-) Biayanya untuk sendiri Rp 150 ribu dan untuk pasangan Rp 250 ribu.

3. Kelas Laktasi di RS St Carolus
Kelas laktasi di Carolus diadain secara privat dan bisa konsultasi langsung ke dokter dan bidan yang ada di situ. Kelasnya ada dari Senin - Sabtu pagi mulai dari jam 8-11. Lebih enak sih pas hari kerja karna katanya kalo hari Sabtu antri banget. Disitu selain dapet penjelasan dari dokter or bidan, kita juga dipraktekin massage PD baik sebelum kelahiran ataupun massage sesudah lahir. Kalo saranku sih mendingan pas hamil 8 bulan udah kesana, trus begitu bayi lahir kesana lagi untuk dilihat gimana posisi si bayi saat menyusui plus diajarin lagi massage biar melancarkan ASI. Soal biaya sekitar 100-120 ribu.

Intinya sih kita dapet informasi sebanyak2nya soal ASIX, IMD dan ASI. Ketiga kelas di atas menurutku sama pentingnya dan kalo ada waktu kalo bisa diikutin aja tiga2nya. Mungkin bisa juga ikutan kelas edukasi yang diselenggarain di rumah sakit atau lembaga lainnya kayak di RS YPK, RS Hermina atau di RS KMC. Yang penting dapet informasi dan komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk si baby.
Moga2 ASI ku lancar dan bisa memberikan ASIX selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun. Amiiinnn amiiinn ya robbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar